Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian MAKESTA IPNU dan IPPNU - Apa Itu Makesta ?

ipnuippnumambak.or.id - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama merupakan banom dari Nahdlatul Ulama yang membina dan menanungi kader kader muda NU. Proses kaderisasi dalam IPNU IPPNU ibarat seperti kehidupan yang harus senantiasa berjalan. Untuk menciptakan kader yang unggul dan berdaya saing diperlukan sebuah proses agar tercipta sumber daya manusia yang sebagaimana dimaksud.

Jenjang kaderisasi dasar pada anggota IPNU dan IPPNU adalah MAKESTA yang sering kita sebut sebagai Masa Kesetiaan Anggota. MAKESTA biasanya diselenggarakan oleh pimpinan ranting di tingkat desa atau pimpinan komisariat di tingkat sekolah, madrasah atau pondok pesantren. 

Dalam Buku Pedoman Kaderisasi IPNU dan IPPNU Makesta diartikan sebagai Pelatihan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU dan IPPNU sekaligus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU dan IPPNU yang sah. Dalam pelatihan ini diorientasikan untuk melakukan pemahaman ideologisasi pada anggota baru. 

Secara umum pelatihan ini bertujuan sebagai gerbang awal untuk menguatkan komitmen keanggotaan setelah dilakukan rekrutmen calon anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, sehingga diharapkan memiliki kesetiaan kepada organisasi melalui pengenalan organisasi IPNU IPPNU kepada calon anggota yang diarahkan kepada perubahan mentalitas, keyakinan dan sikap persaudaraan serta kecintaan kepada organisasi.

Secara khusus pelatihan ini diarahkan untuk :
  1. Menumbuhkan keyakinan tentang kebenaran Islam Ahlus-sunnah waljamaah sebagai satu satunya system yang berkesinambungan untuk melanjutkan da‘wah islamiyah
  2. Memberikan pemahaman tentang NU sebagai wadah perjuangan Islam Ahlussunnah Waljamaah di Indonesia
  3. Meyakinkan kepada calon anggota bahwa IPNU IPPNU merupakan organisasi pelajar yang tepat sebagai sarana perjuangan da‘wah
  4. Islamiyah
  5. Mengenal dan memahami organisasi IPNU IPPNU sebagai Banom NU serta memahami isi materi organisasi IPNU (PD/PRT, PO dan lain lain)
  6. Menumbuhkan wawasan dan kemampuan dasar berorganisasi.
Dalam kegiatan MAKESTA peserta akan mendapat enam materi dasar yakni Ahlu Sunnah Wal Jama‘ah, Ke-NU-an, Ke-IPNU IPPNU-an, Ke-Indonesia-an, Tradisi Keagamaan NU dan  Keorganisasian. MAKESTA diselengarakan minimal 2 hari 1 malam dan harus bermalam/menginap.

Post a Comment for "Pengertian MAKESTA IPNU dan IPPNU - Apa Itu Makesta ?"