Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Website Organisasi Bagi Pemula : Gratis, Cepat dan Praktis

ipnuippnumambak.or.id - Kehadiran internet di Indonesia telah memberikan dampak yang luas terhadap perkembangan organisasi dalam melakukan komunikasi dan sarana informasi kepada khalayak umum. Salah satunya contohnya ialah keberadaan website organisasi yang dapat memberikan manfaat kepada organisasi yang dikelola. Hadirnya sebuah website dapat bertujuan sebagai sarana mencapai tujuan organisasi seperti berdakwah, memberikan pengetahuan maupun promosi sebuah produk.

Tentu hal tersebut menarik dan keharusan bagi organisasi untuk kemudian memikirkan bagaimana meningkatkan kemajuan organisasi melalui pemanfaatan teknologi yang berkembang secara pesat. Menanggapi hal ini sudah sepatutnya memiliki website organisasi dapat menjadi pertimbangan. selain yang kami sebutkan diatas lalu Apa Pentingnya Website bagi Organisasi ? klik disini

Membuat website yang mudah dan gratis ialah menggunakan Platform Blogger.com dan Wordpress.com karena pengelolaannya yang tergolong mudah dipelajari. Namun kali kami akan memberikan tips membuat website menggunakan Blogger.com.

Blogger.com atau yang sering disebut dengan blogspot.com merupakan blog yang eksis pada tahun 2010 sampai dengan sekarang mengingat blogger adalah platform bloging yang simpel, praktis serta mudah dikelola.

Ada empat tahapan dalam membuat blog melalui blogger.com yang dapat pembaca lakukan diantaranya :

  1. Membuat akun blogger
  2. Menambahkan postingan atau isi blog

Sekilas Tentang Platform Blogger.com

Sebelum lanjut ke tahapan membuat blog alangkah baiknya jika mengenal sekilas tentang platform blogger yang akan kita gunakan diantaranya :
  1. Platform Blogger.com telah terintegrasi dengan akun Google, jadi kalian tidak perlu membuat email baru untuk membuat website. Kalian cukup klik masuk akun blogger kalian menggunakan email masing masing. Selain itu kalian tidak perlu membayar hosting dan domain karena Google telah menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15 Gb.
  2. Dari segi tampilan blogger memiliki layanan update tema yang dapat kita ganti sesuai dengan keinginan kita melalui template blog yang dapat kita cari di internet
  3. Blogger memberikan kemudahan pengelolaan website bagi penggunanya sehingga kontrol website mudah dilakukan
  4. Keamanan yang terjamin karena blogger terintegrasi dengan akun Google.

Cara Membuat Website Organisasi

Setelah kita mengetahui sekilas tentang platform blogger, selanjutnya kami akan bahas cara membuat website bagi organisasi yang kita ikuti diantaranya 

1. Membuat akun Blogger

Untuk membuat blog langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi alamat blogger.com di google chrome . Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, setelah itu kalian klik Create Your Blog

Langkah berikutnya anda akan diarahkan untuk login ke akun Gmail. jika akun email kalian sudah muncul maka klik email yang sudah ada, jika tidak muncul alamat email kalian, klik User Another Account. Kemudian masukkan Username dan Password email.

Selanjutnya kalian akan diarahkan untuk mengisi Nama Blog, pada tahap ini kalian dapat memberikan nama blog yang ingin kalian inginkan. Contoh : 
  1. Website Resmi IPNU IPPNU Desa Mambak - Belajar, Berjuang dan Bertaqwa
  2. PR IPNU IPPNU Desa Mambak
  3. IPNU IPPNU Desa Mambak - Situs Resmi IPNU IPPNU Desa Mambak
  4. PR IPNU IPPNU Desa Mambak - Belajar, Berjuang dan Bertaqwa
Kalian dapat berkreasi sesuai dengan keinginan kalian. setelah kalian isi, klik tombol berikutnya. Setelah itu kalian diminta untuk mengisi alamat website, dimana alamat website ini akan menjadi alamat pembaca  menuju website kalian contohnya :
  1. www.ipnuippnumambak.blogspot.com
  2. www.pelajarnumambak.blogspot.com
  3. www.penakartini.blogspot.com
  4. www.pelajarjepara.blogspot.com
Disini alamat website kalian akan terdapat imbuhan blogspot.com karena kalian belum berlangganan  domain. Ketika kalian mengisi alamat domain kemudian terdapat keterangan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia" maka kalian harus mengganti alamat blog karena dimungkinkan alamat blog yang kalian inginkan sudah ada.
Setelah itu anda akan diminta untuk konfirmasi nama blog lagi, kalian cukup menuliskan nama yang sama pada halaman sebelumnya.

Langkah selanjutnya kalian cukup klik selesai, maka blog anda sudah jadi dan siap digunakan. Namun sebelum kalian bagikan kepada teman anda kalian perlu mengisi website kalian dengan postingan, profil organisasi, program kerja dll.

2. Menambahkan postingan atau isi blog

Agar website dapat berjalan optimal kalian perlu mengisi blog dengan postingan yang menarik dan bermanfaat. pada tahap ini kami akan memberikan tutorial membuat postingan atau konten pada blog. Untuk membuat postingan kalian cukup klik tombol POSTINGAN BARU, kemudian kalian dapat memberikan judul, foto thumbnail dan isi berita atau artikel.
Setelah kalian klik Postingan Baru maka akan muncul halaman untuk mengisi blog, tulis judul berita yang telah kalian buat sebelumnya kemudian tambahkan foto dan isi berita. Selanjutnya klik PUBLIKASIKAN agar postingan dapat terkirim di website.
 
Nah ditahap ini kalian sudah memiliki website organisasi, namun tidak hanya sampai disini kalian bisa mengembangkan website yang kalian miliki dengan mengganti tema dan domain agar website kalian terlihat profesional dan menarik dikunjungi pembaca.  untuk melihat website yang telah kalian buat, kalian cukup menuliskan alamat link di google chrome contoh : www.penakartini.blogspot.com , nah ini dia tampilan contoh website yang kami buat.

Untuk mengembangkan website lebih jauh kalian bisa mengganti tema dan alamat domain website, sementara itu dulu yang bisa rekan dan rekanita pelajari. Selanjutnya kami akan bahas langkah langkah mengganti tema pada website yang telah kalian buat sebelumnya. Apabila ada pertanyaan atau kendala rekan dan rekanita dapat menghubungi Rekan Edo - 085219271859

1 komentar untuk "Cara Membuat Website Organisasi Bagi Pemula : Gratis, Cepat dan Praktis"