Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Kebencanaan Dalam Kegawatdaruratan, untuk Siapkan Kader CBP KPP yang Tangguh

IPNUIPPNUMAMBAK.or.id - Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) IPNU dan IPPNU Kecamatan Pakis Aji  menggelar Pelatihan Kebencanaan Bencana Dalam Kegawatdaruratan (KBK-DKR) untuk kader CBP KPP. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 28-29 Oktober 2023 di Bumi Perkemahan Pakis Adhi Jepara.

Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 37 kader CBP KPP dari berbagai desa se-Kecamatan Pakis Aji dan sekitarnya seperti Mambak, Bulungan, Suwawal Timur, Lebak, Tanjung, Kawak, Slagi, Plajan dan DKAC CBP KPP Bangsri. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan kader CBP KPP dan IPPNU dalam hal kebencanaan dan kegawatdaruratan. Materi pelatihan meliputi dapur umum, pertolongan pertama pada kegawardaruratan dan vertical rescue.

Dalam pelatihan ini, para peserta juga diberikan praktik-praktik penanganan bencana secara langsung, seperti simulasi evakuasi dan pertolongan pertama pada korban bencana. Adapun pemateri pada kegiatan tersebut melibat Badan Penanggulanag Bencana Daera (BPBD) Jepara, Ubaloka Jepara dan Pramuka Peduli Kwarcab Jepara.

Ketua PAC IPNU Kecamatan Pakis Aji, Irvan Maulana, mengatakan "Kami mengapresiasi kepada DKAC CBP-KPP Pakis Aji yang telah membuat pelatihan kebencanaan dalam kegawatdaruratan yang sangat luar biasa bahkan baru satu satunya DKAC CBP KPP di Jepara yang membuat pelatihan seperti ini,.."

"....Harapan kami semoga dengan adanya pelatihan tersebut bisa membuat gebrakan kepada kader - kader DKAC CBP-KPP Pakis Aji untuk terjun langsung kemasyarakat ketika ada kebencanaan seperti kebakaran, longsor, kecelakaan dan lain sebagainya...." kata Irvan Maulana.

"....sehingga eksistensi dari CBP-KPP & IPNU-IPPNU Pakis Aji akan dikenal dikhlayak umum bahwa kader - kader IPNU-IPPNU tidak hanya terbatas belajar religius melainkan juga belajar ilmu-ilmu sosial" imbuhnya.

Di akhir pelatihan, para peserta melakukan simulasi pertolongan pertama dan verticakrescue. Mereka juga diminta untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam hal kebencanaan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan kader CBP KPP dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana dan membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Posting Komentar untuk "Pelatihan Kebencanaan Dalam Kegawatdaruratan, untuk Siapkan Kader CBP KPP yang Tangguh"