Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023, Lahirkan Generasi Muda yang Berintegritas dan Berkarakter

Rekan Faisal Aji Saputra tim Instruktur PC IPNU Jepara sedang memimpin FGD pada ajang MAKESTA. @ipnuippnumambak

IPNUIPPNUMAMBAK.or.id - Aula MTs Mamba'ul Ulum Mambak Pakis Aji, Jepara, tampak ramai dipenuhi oleh para pemuda dan pemudi dari Desa Mambak. Mereka adalah peserta MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Desember 2023.

MAKESTA merupakan singkatan dari Masa Kesetiaan Anggota yang bermakna pelatihan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU IPPNU sekaligus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU yang sah. Dalam pelatihan ini diorientasikan untuk melakukan ideologisasi pada anggota baru.. 

MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023 mengusung tema "Kaderisasi IPNU dan IPPNU dengan Ajaran Aswaja Sebagai Fondasi Organisasi Pemuda Berkarakter". Tema ini dipilih untuk memotivasi para peserta agar menjadi kader IPNU IPPNU yang memiliki integritas dan karakter yang kuat.

Alissa Sabrina (Kiri) Menerima penghargaan Rekanita Terbaik dari Ketua IPPNU Desa Mambak Syalu Fatimatuz Zahro (Kanan). @ipnuippnumambak

Syalu Fatimatuz Zahro, S.Pd., Ketua IPPNU Desa Mambak menyampaikan bahwa melalui kegiatan MAKESTA kali ini para pelajar NU dapat menjadi kader yang berkarakter berkemajuan sesuai dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai aswaja An Nahdliyah dalam kehidupannya.

"Kami berharap peserta MAKESTA dapat menjadi kader NU yang berkarakter sesuai kemajuan zaman tapan meninggalkan nilai nilai Aswaja An Nahdliah dalam kehidupannya"'Ujar Syalu.

Peserta MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023 berjumlah 35 orang. Mereka terdiri dari perwakilan pemuda se-Desa Mambak, perwakilan siswa MTs dan MA Manba'ul Ulum Mambak. Para peserta MAKESTA sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh para pemateri. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta.

Kanit Samapta IPDA Bagus Pulung Legowo Polsek Pakis Aji memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada peserta MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak. @ipnuippnumambak

Peserta MAKESTA dibekali dengan beberapa materi seperti Materi Aswaja An Nahdliyah, Ke-NU-an, Ke-IPNU IPPNU-an, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Keorganisasian dan Study Gender. 

Pada akhir acara, para peserta MAKESTA dibaiat menjadi anggota IPNU IPPNU secara resmi. Pembaiatan  ini dilakukan oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Pakis Aji.

Ketua PAC IPNU IPPNU Kecamatan Pakis Aji, Irvan Maulana, menyampaikan bahwa MAKESTA ini telah memberikan banyak manfaat bagi para peserta sehingga diharapkan dapat melanjutkan ke pengkaderan ke yang lebih tinggi lagi sehingga sapat menjadi kader yang kompeten dan tanggung jawab..

"Kami dari PAC IPNU IPPNU Pakis mengucapkan selamat dan sukses kepada PR. IPNU IPPNU Mambak yang telah sukses melaksanakan MAKESTA, semoga kader yang telah mengikuti MAKESTA bisa berkontribusi kepada ranting serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. MAKESTA merupakan jenjang kaderisasi pertama di IPNU IPPNU semoga bisa melanjutkan jenjang ketingkat yang lebih tinggi dan menjadi kader yang kompeten sehingga bisa menjadi pemimpin yang dapat mengemban amanah dan tanggung jawab" ujar Irfan.

Sesi foto bersama peserta MAKESTA beserta instruktur sebelum menuju rumah masing masing. @ipnuipnumambak

Anida Rif'atussa'adah, salah satu peserta MAKESTA mengatakan "Alhamdulillah kegiatan MAKESTA sudah selesai, dari kegiatan ini saya dapat menambah relasi,  wawasan, sikap kepemimpinan dan pengalaman tak terlupakan. Selain itu dapat memotivasi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa mendatang".

Secara keseluruhan, pelaksanaan MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023 telah berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini telah memberikan manfaat yang besar bagi para peserta.

Posting Komentar untuk "MAKESTA IPNU IPPNU Desa Mambak Tahun 2023, Lahirkan Generasi Muda yang Berintegritas dan Berkarakter"