Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah

IPNU – IPPNU  merupakan salah satu organisasi badan otonom yang berada di bawah naungan Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan tempat berhimpun, wadah  berkomunikasi, aktualisasi  dan  tempat kaderisasi  pelajar  putra  NU.  Ikatan Pelajar  Nahdlatul  Ulama  disingkat dengan  IPNU  yang  didirikan  pada  tanggal  20 Jumadil Akhir 1373  H bertepatan dengan hari rabu, tanggal 24  Februari 1954  M di Semarang. Selang  satu  tahun  didirikan  organisasi  Ikatan  Pelajar  Putri  Nahdlatul Ulama  disingkat  dengan IPPNU   yang  didirikan  pada 2  Maret  1955   M  bertepatan dengan 8  Rajab 1374  H  di Malang. Organisasi ini  mengalami dinamika perubahan istilah  nama dari  Ikatan  Pelajar  Putri  Nahdlatul Ulama  (1955-1988) dan Ikatan  Putri– Putri Nahdlatul Ulama (1988-2003) yang didirikan pada 2 Maret 1955  M bertepatan dengan 8 Rajab 1374  H di Malang dan kembali menjadi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama pada tanggal 23 Juni 2003,  bertepatan dengan 29 Robi’ul Akhir 1424  H.

Asas,  aqidah,  identitas  organisasi  IPNU  - IPPNU  dalam  kehidupan  berbangsa dan bernegara Ikatan  Pelajar  Nahdlatul  Ulama  berdasar kepada Ketuhanan  Yang Maha Esa,  Kemanusiaan  yang adil  dan beradab, Persatuan Indonesia,  Kerakyatan yang dipimpin  oleh  hikmat  kebijaksanaan  dalam  permusyawaratan dan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. IPNU  - IPPNU beraqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah yang dalam bidang kalam mengikuti madzhab Imam Abu Hasan Al  Asy’ari dan Imam  Abu  Mansur Al  Maturidi; dalam  bidang  fiqih  mengikuti salah satu dari Madzhab Empat Imam yaitu Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali serta dalam bidang tasawuf mengikuti Imam Junaid al-Baghdadi dan Abu Hamid al-Ghazali. IPNU   -   IPPNU    adalah   organisasi   yang  bersifat   keterpelajaran,   kepemudaan, kekaderan, kekeluargaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan.

IPNU  - IPPNU  berfungsi  sebagai:  Wadah perjuangan  pelajar  Nahdlatul  Ulama dan  kepelajaran. Wadah   kaderisasi   pelajar   untuk    mempersiapkan   kader-kader penerus Nahdlatul  Ulama  dan pemimpin  bangsa.  Wadah penguatan pelajar  dalam melaksanakan  dan  mengembangkan Islam Ahlussunnah  Waljamaah  untuk melanjutkan semangat jiwa dan nilai-nilai Nahdliyyah. Serta wadah komunikasi pelajar untuk memperkokoh ukhuwah Nahdliyyah, Islamiyyah, Insaniyyah, dan Wathoniyyah. 

Visi  IPNU  - IPPNU  yaitu  terbentuknya kesempurnaan  pelajar  putri  Indonesia yang   bertaqwa, berakhlaqul   karimah,   berilmu,   dan   berwawasan   kebangsaan. Sedangkan Misi IPNU – IPPNU  yaitu:

  1. Membangun kader NU yang berkualitas, berakhlaqul karimah, bersikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Mengembangkan wacana  dan  kualitas  sumber daya  kader  menuju  tercapainya kesetaraan gender
  3. Membentuk kader yang dinamis, kreatif dan inovatif.


Tujuan IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT,   berilmu, berakhlak  mulia,  berwawasan kebangsaan  dan  kebhinekaan  serta bertanggungjawab atas terlaksananya syari’at Islam Ahlussunnah Wal-jamaah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945  demi tegaknya NKRI. Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana pasal 7, maka IPNU melaksanakan usaha-usaha:

  1. Menghimpun   dan   membina   pelajar   Nahdlatul   Ulama   dalam   suatu   wadah organisasi.
  2. Mempersiapkan kader-kader pemimpin militan yang berwawasan intelektual dan berjiwa spiritual sebagai penerus perjuangan bangsa.
  3. Mengusahakan   tercapainya   tujuan   organisasi   dengan   menyusun   landasan program perjuangan sesuai dengan perkembangan masyarakat (maslahah al ammah), guna terwujudnya khaira ummah.
  4. Mengusahakan  jalinan  komunikasi  dan  kerjasama  program dengan  pihak  lain selama tidak merugikan organisasi.

Hal  penting  dari  tujuan  itulah  yang menjadikan  IPNU-IPPNU  tetap mempertahankan kiprah organisasi yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah yang menjadi  pilar  tegaknya  NU  di  kalangan pelajar,  remaja,  santri  dan  mahasiswa terutama di Desa Mambak.

Post a Comment for "Sejarah"