Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tradisi Ziarah Kubur Masyarakat Desa Mambak Menjelang 1 Syawal 1442 H


Jepara, ipnuippnumambak.or.id - Kegiatan  ziarah kubur telah menjadi tradisi di  masyarakat Indonesia, selain ziarah kubur setiap kamis sore ziarah kubur juga dilaksanakan pada setiap menyambut ramadhan, idul fitri serta kegiatan lain yang  berhubungan dengan hajat warga.

Salah satu tradisi yang berkembang didesa mambak yakni zirah kubur menyambut bulan syawal yang dilaksanakan pada hari rabu, 12 Mei 2021 di TPI Desa Mambak pada sore hari. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bapak H. Nur Hamid, S.Ag. menuturkan bahwa kegiatan ziarah kubur massal ini telah menjadi tradisi di masyarakat yang harus dilestarikan. 

Dalam berziarah kubur ada adab yang harus dilakukan oleh  masyarakat muslim yakni mengucapkan salam kepada ahli kubur di makam, mengusahakan untuk tidak melangkahi makam dan tidak diperbolehkan duduk di makam.

Selanjutnya beliau mengatakan ada 2 hal yang dilakukan di masyarakat ketika memperingati Idul Fitri diantaranya Sholat Ied di masjid maupun musholla dan Silaturahim kepada sanak suadara dan tetangga rumah. Ditengah pandemi covid-19 ini masyarakat diminta untuk menerapkan protokol kesehatan ketika bersilaturahim.
Adab Ziarah Kubur

Post a Comment for "Tradisi Ziarah Kubur Masyarakat Desa Mambak Menjelang 1 Syawal 1442 H"