Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah, Tujuan dan Sistem Organisasi Nahdlatul Ulama | PR IPNU IPPNU Desa Mambak


Jepara, ipnuippnumambak.or.id - Nahdlatul Ulama ( NU ) lahir pada tanggal 16 Rajab 1344 H atau 31 Januari 1926 M di Surabaya yang didirikan oleh sejumlah ulama tradisional dan usahawan di Jawa Timur. Nahdlatul Ulama terdiri dari dua kata yaitu Nahdlatul dan Ulama. Nahdlatul memiliki arti kebangkitan sedangkan Ulama adalah para alim ulama. Jadi dapat kita artikan bahwa Nahdlatul Ulama adalah organisasi islam yang didirikan oleh para alim ulama Ahlussunnah Wal Jamaah.

Awal mula NU dicetuskan dan digerakkan oleh KH. Wahab Hasbullah ( Pengasuh Ponpes Tambak Beras Jombang Jawa Timur ) yang kemudian didirikan oleh KH. Hasyim Asy'ari ( Pengasuh Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur)

Pada awalnya KH Wahab Hasbullah mengagas pendirian Jamiyyah pada tahun 1924 yang kemudian di sampaikan kepada KH. Hasyim Asy'ari untuk meminta persetujuan. Kemudian KH. Hasyim Asy'ari tidak langsung menyetujui hal tersebut, akan tetapi beliau perlu melakukan sholat istikhoroh untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk sikap ke hati hatian dan kebijaksanaan beliau dalam menyetujui permintaan KH. Wahab Hasbullah. ini dikarenakan KH. Hasyim Asy'ari dikenal sebagai Bapak Umat Islam Indonesia ( jawa ) dan juga menjadi tempat meminta nasihat bagi para tokoh pergerakan nasional.

berlanjut.....

Post a Comment for "Sejarah, Tujuan dan Sistem Organisasi Nahdlatul Ulama | PR IPNU IPPNU Desa Mambak"